Jumat, 02 November 2012

Pengertian web client


WWW adalah salah satu layanan di Internet, sehingga dapat dikatakan bahwa WWW berbasiskan server dan client.
Client WWW disebut sebagai web browser atau singkatnya browser dan server WWW disebut sebagai web serveratau sering disebut hanya dengan server saja. Aturan komunikasi antara web server dengan browser menggunakan HTTP (HyperText Transfer Protocol).
Web browser adalah sebuah perangkat lunak / aplikasi yang menerjemahkan dan menampilkan halaman-halaman web dan membantu kita untuk menggunakan halaman-halaman lainnya. Sebelum kita dapat menggunakan web browser untuk menampilkan halaman-halaman web di WWW, kita harus terkoneksi dahulu dengan sebuah Internet Service Provider (ISP) dan mendapatkan hak akses.
Ketika web browser dieksekusi, web browser akan mengambil dan menampilkan sebuah halaman web yang disebut home page. Jadi home page akan selalu ditampilkan pertama kali saat kita memanggil web browser. Terminologi home page juga digunakan untuk menyebut halaman pertama dari sebuah website. Padahal, secara teknis, halaman pertama sebuah website adalah welcome page, yang biasanya berisi daftar isi halaman-halaman web dalam website tersebut.
Browser mengambil dan menampilkan sebuah halaman web berdasarkan URL yang diterimanya.
Server WWW menyimpan seluruh halaman-halaman web sebuah website dan mengirimkannya kepada web browser yang memintanya. Walaupun demikian web server bukanlah file server, karena web server dapat menjalankan program tertentu untuk melakukan sebuah request dari browser.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites